Pada hakikatnya Orde Baru lahir untuk?

Pada hakikatnya Orde Baru lahir untuk?

  1. Mengambil alih pemerintahan dari tangan Presiden Soekarno
  2. Mengembalikan kehidupan politik dan kenegaraan ke arah demokrasi Barat
  3. Memurnikan pelaksanaan kenegaraan berdasarkan Pancasila dan UUDS 1950
  4. Melaksanakan Pancasila dan UUD 1945 secara murni dan konsekuen
  5. Mengoreksi pelaksanaan pemerintah ke arah pemerintahan diktator

Jawaban yang benar adalah: D. Melaksanakan Pancasila dan UUD 1945 secara murni dan konsekuen.

Dilansir dari Ensiklopedia, pada hakikatnya orde baru lahir untuk Melaksanakan Pancasila dan UUD 1945 secara murni dan konsekuen.

 

Pembahasan dan Penjelasan

Menurut saya jawaban A. Mengambil alih pemerintahan dari tangan Presiden Soekarno adalah jawaban yang kurang tepat, karena sudah terlihat jelas antara pertanyaan dan jawaban tidak nyambung sama sekali.

Menurut saya jawaban B. Mengembalikan kehidupan politik dan kenegaraan ke arah demokrasi Barat adalah jawaban salah, karena jawaban tersebut lebih tepat kalau dipakai untuk pertanyaan lain.

 

Menurut saya jawaban C. Memurnikan pelaksanaan kenegaraan berdasarkan Pancasila dan UUDS 1950 adalah jawaban salah, karena jawaban tersebut sudah melenceng dari apa yang ditanyakan.

Menurut saya jawaban D. Melaksanakan Pancasila dan UUD 1945 secara murni dan konsekuen adalah jawaban yang paling benar, bisa dibuktikan dari buku bacaan dan informasi yang ada di google.

 

Menurut saya jawaban E. Mengoreksi pelaksanaan pemerintah ke arah pemerintahan diktator adalah jawaban salah, karena setelah saya coba cari di google, jawaban ini lebih cocok untuk pertanyaan lain.

Kesimpulan

Dari penjelasan dan pembahasan serta pilihan diatas, saya bisa menyimpulkan bahwa jawaban yang paling benar adalah D. Melaksanakan Pancasila dan UUD 1945 secara murni dan konsekuen.

Leave a Comment