Aktualisasi pemahaman nilai-nilai Bhinneka Tunggal Ika memiliki peranan besar bagi negara Indonesia. Berikut ini yang bukan merupakan contoh aktualisasi Bhineka Tunggal Ika Dalam bidang hukum dan pemerintahan adalah?

Aktualisasi pemahaman nilai-nilai Bhinneka Tunggal Ika memiliki peranan besar bagi negara Indonesia. Berikut ini yang bukan merupakan contoh aktualisasi Bhineka Tunggal Ika Dalam bidang hukum dan pemerintahan adalah?

  1. presiden atau kepala daerah harus dapat mengakomodasi kepentingan rakyat tanpa membeda-bedakan suku,agama,dan status
  2. para penegak hukum harus bersikap objektif dan tidak melakukan diskriminasi kepada semua para pelanggar hukum
  3. pemerintah harus mematuhi setiap peraturan hukum yang berlaku di Indonesia
  4. warga negara memiliki hak untuk memberikan suara pada saat pemilu
  5. masyarakat harus mematuhi setiap hukum yang berlaku di Indonesia

Jawaban yang benar adalah: D. warga negara memiliki hak untuk memberikan suara pada saat pemilu.

Dilansir dari Ensiklopedia, aktualisasi pemahaman nilai-nilai bhinneka tunggal ika memiliki peranan besar bagi negara indonesia. berikut ini yang bukan merupakan contoh aktualisasi bhineka tunggal ika dalam bidang hukum dan pemerintahan adalah warga negara memiliki hak untuk memberikan suara pada saat pemilu.

Pembahasan dan Penjelasan

Menurut saya jawaban A. presiden atau kepala daerah harus dapat mengakomodasi kepentingan rakyat tanpa membeda-bedakan suku,agama,dan status adalah jawaban yang kurang tepat, karena sudah terlihat jelas antara pertanyaan dan jawaban tidak nyambung sama sekali.

Menurut saya jawaban B. para penegak hukum harus bersikap objektif dan tidak melakukan diskriminasi kepada semua para pelanggar hukum adalah jawaban salah, karena jawaban tersebut lebih tepat kalau dipakai untuk pertanyaan lain.

Menurut saya jawaban C. pemerintah harus mematuhi setiap peraturan hukum yang berlaku di Indonesia adalah jawaban salah, karena jawaban tersebut sudah melenceng dari apa yang ditanyakan.

Menurut saya jawaban D. warga negara memiliki hak untuk memberikan suara pada saat pemilu adalah jawaban yang paling benar, bisa dibuktikan dari buku bacaan dan informasi yang ada di google.

Menurut saya jawaban E. masyarakat harus mematuhi setiap hukum yang berlaku di Indonesia adalah jawaban salah, karena setelah saya coba cari di google, jawaban ini lebih cocok untuk pertanyaan lain.

Kesimpulan

Dari penjelasan dan pembahasan serta pilihan diatas, saya bisa menyimpulkan bahwa jawaban yang paling benar adalah D. warga negara memiliki hak untuk memberikan suara pada saat pemilu.

Leave a Comment