jaringan yang menyusun organ mata pada manusia adalah?

jaringan yang menyusun organ mata pada manusia adalah?

Jawaban

Jaringan yang menyusun organ mata pada manusia adalah: Jaringan epitel, jaringan saraf, jaringan ikat dan jaringan otot.

Untuk lebih jelasnya kita akan bahas masing-masing jaringan tersebut ya 🙂

(1) Jaringan epitel
Jaringan epitel salah satunya terdapat pada lapisan terluar dari kornea yang berfungsi melindungi mata dari partikel asing, seperti debu, air, atau bakteri.

(2) Jaringan Saraf
Jaringan saraf merupakan jaringan penyusun lapisan bagian dalam mata. Salah satu jenis saraf pada mata adalah saraf optik, yaitu jaringan sel saraf yang menerima impuls dari lapisan serat saraf di retina. Berfungsi untuk mengirimkan impuls cahaya ke otak.

(3) Jaringan Ikat
Jaringan ikat adalah jaringan yang berfungsi sebagai penyokong atau penyambung. Sklera adalah salah satu jaringan ikat mata yang berfungsi untuk mempertahankan bentuk bola mata dan melindungi bagian penting di dalam mata seperti retina dan lensa mata.

(4) Jaringan otot
Jaringan otot merupakan jaringan yang berperan untuk menghasilkan gerak aktif. Pada mata terdapat beberapa jenis otot yaitu otot polos dan otot lurik. Kedua jenis otot ini berfungsi dalam hal pergerakan mata baik secara tidak sadar maupun pergerakan sadar.

Leave a Comment