peristiwa apa yang menandai lahirnya masa pergerakan nasional?

peristiwa apa yang menandai lahirnya masa pergerakan nasional?

Jawaban

Pergerakan nasional dalam mencapai kemerdekaan terjadi pada kurun 1908-1945. Pergerakan nasional ini terjadi sebagai buah protes atas sejumlah penindasan kolonial pada rakyat di Nusantara selama bertahun-tahun. Selain itu ditambah berbagai faktor internal (dari dalam) dan faktor eksternal (faktor luar).

Pergerakan nasional yang ada sejak tahun 1908 ditandai dengan lahirnya organisasi Budi Utomo. Organisasi Budi Utomo merupakan organisasi pergerakan nasional bersifat modern pertama yang didirikan di Indonesia. Didirikan 20 Mei 1908 oleh Dr. Soetomo dan mahasiswa STOVIA lainnya atas ide dr. Wahidin Soedirohoesodo. Organisasi Budi Utomo dinggap sebagai sebagai organisasi modern pertama yang menjadi tonggak pergerakan nasional Indonesia.

Dengan demikian, peristiwa yang menandai lahirnya masa Pergerakan Nasional adalah lahirnya Organisasi Budi Utomo tanggal 20 Mei 1908 oleh Dr. Soetomo dan mahasiswa STOVIA lainnya atas ide dr. Wahidin Soedirohoesodo yang dianggap sebagai tonggak pergerakan nasional Indonesia.

Leave a Comment