bagaimana menurut pendapatmu apabila ada seorang pemimpin yang mengingkari janji

bagaimana menurut pendapatmu apabila ada seorang pemimpin yang mengingkari janji

Jawaban :

Pemimpin yang mengingkari janjinya adalah pemimpin yang tidak amanah. Mereka yang tidak amanah tidak bisa dipercaya karena munafik atau mengingkari perkataannya sendiri. Dalam islam, menepati janji dan sumpah yang sudah diteguhkan adalah hal yang diperintahkan dan bahkan disebutkan langsung di dalam ayat Al-Qur’an.

Pembahasan
Menurut pendapat saya pribadi, apabila seorang pemimpin mengingkari janjinya maka ia sudah pasti tergolong ke dalam manusia yang tidak amanah. Meski begitu, sebagai yang dipimpin, kita harus menerapkan juga sikap husnudzon yakni berbaik sangka.

Berprasangka baik dilakukan dengan cara memahami betul mengapa janji si pemimpin BELUM terwujud. Apakah janji tersebut MASIH diupayakan? Sesungguhnya menjadi pribadi yang sabar juga penting. Dengan bersabar dan berprasangka baik, kita bisa berpikir jernih dan memahami alasan mengapa janji yang disebutkan belum terwujud. Apabila kita merasa bahwa si pemimpin sudah betul-betul ingkar dan tak mengupayakan apa apa untuk mewujudkan janjinya maka pada titik ini kita bisa untuk memutuskan tidak lagi menjadikannya pemimpin.

Bagaimanapun, sikap amanah adalah sikap yang penting dimiliki seorang pemimpin. Sikap ini bahkan dicontohkan langsung oleh baginda Rasulullah SAW.

Leave a Comment