jelaskan mengapa kita harus menghormati dan mematuhi guru?

jelaskan mengapa kita harus menghormati dan mematuhi guru?

Jawaban

Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Mereka tulus mendidik dan memberikan ilmu kepada kita tanpa mengharap imbalan apapun. Ada beberapa alasan yang mengharuskan kita untuk hormat dan patuh kepada guru yaitu :
1. Penghantar Ilmu
Guru adalah seseorang yang memberikan ilmu kepada kita. Beliau mendidik kita supaya menjadi pribadi yang jauh lebih baik. Bukan hanya pelajaran akademis saja, pelajaran hidup juga diajarkan olehnya.
2. Orangtua Kedua
Hampir sebagian besar waktu kita dihabiskan di sekolah. Oleh haren itu, guru secara otomatis menggantikan peran orangtua untuk mendidik anak di sekolah. Sebagai orangtua kedua, seorang guru tentunya bertanggung jawab terhadap murid yang diajarnya. Kesabaran dan ketelatenan dalam mendidik sangat dibutuhkan seorang guru ketika menjalankan profesinya. Itulah mengapa kita harus menghormati guru selayaknya menghormati orangtua.
3. Perjuangan Guru yang Luar Biasa
Perjuangan seorang guru untuk bisa mengajarkan ilmu kepada murid-muridnya begitu luar biasa. Segala upaya akan diusahakan untuk bisa menjalankan kewajibannya. Misalnya, di pelosok sana, seorang guru bahkan rela berjalan kaki beberapa kilometer untuk bisa sampai di sekolah. Ada juga yang harus menyebrang sungai tanpa jembatan, dan lain-lain. Semua perjuangan itu tentunya dilakukan untuk murid-muridnya.

Jadi, alasan mengapa kita harus menghormati dan mematuhi guru yaitu karena guru merupakan pahlawan tanpa tanda jasa yang menjadi penghantar ilmu, merupakan orang tua kedua kita, serta perjuangannya yang luar biasa.

Leave a Comment